Susu Tinggi Kalsium Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

img
Washington, Susu seringkali dijadikan pantangan bagi orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan (overweight). Tapi susu yang bebas lemak serta tinggi kalsium dan vitamin D justru dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa nutrisi kalsium dan vitamin D pada susu sapi formula sangat penting untuk dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam 2 tahun studi tersebut, ditemukan bahwa peminum susu memiliki keuntungan kesehatan yang lebih daripada orang yang jarang minum susu. Dalam studi ini, lebih dari 300 orang usia antara 40-65 tahun dengan kelebihan berat badan berpartisipasi.

Dilansir dari Indiavision, Jumat (17/9/2010), peneliti dari Washington menemukan bahwa orang dewasa yang minum susu tinggi kalsium dan vitamin D sebanyak 2 kali per hari selama 6 bulan, akan mengalami penurunan berat badan lebih besar yang rata-rata sekitar 12 pound atau 5,5 kg.

Peneliti juga menemukan bahwa setiap tambahan 6 ons susu atau produk susu (sekitar tiga perempat cangkir susu), dikaitkan dengan penurunan berat badan rata-rata sebesar 4,5 kg selama 6 bulan.

Selain kalsium, peneliti menemukan bahwa kadar vitamin D juga membawa dampak positif dalam keberhasilan penurunan berat badan dan kesehatan tubuh lainnya.

Peneliti menunjukkan vitamin D dapat membantu melindungi tubuh terhadap diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi), penyakit jantung dan kanker tertentu. Selain itu, vitamin D juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan hasil studi ini, peneliti merekomendasikan orang untuk tetap makan yang sehat, aktif dan minum susu bebas lemak tinggi kalsium dan vitamin D setiap hari, untuk membantu menjaga berat badan tetap sehat.

0 comments:

Posting Komentar