Getok Spammer, Facebook Tambah Fitur Keamanan


Jakarta - Pengguna Facebook segera punya cara baru untuk menggetok spammer bandel yang berusaha memasuki akun mereka.

Ya, Facebook tengah menyiapkan sebuah fitur keamanan baru bernama Remote Logout yang merupakan pengembangan dari fitur notifikasi login yang pernah diperkenalkan Facebook Mei silam. Intinya, fitur ini memberitahu pengguna jika ada orang lain yang mengakses akun mereka.

Dengan kehadiran Remote Login, pengguna juga bisa melihat komputer atau perangkat mana yang login ke akun mereka, kemudian segera 'mendepaknya' dengan log out jarak jauh. Demikian keterangan yang dikutip detikINET dari PC World, Jumat (3/9/2010).

Sangat jelas, fitur ini dihadirkan Facebook guna menangkal masalah keamanan, khususnya masalah spam yang akhir-akhir ini kerap mendera situs jejaring sosial tersebut.

Spammer umumnya membuat situs phising yang tampilannya mirip Facebook untuk mengelabui pengguna agar memasukkan username dan password. Selanjutnya, tentu saja spammer akan menggunakannya untuk mengirim spam ke sebanyak mungkin teman Facebook di akun yang mereka masuki.

Fitur ini dapat dilihat pada Account Settings dan mencarinya di Account Security Section. Namun seperti disampaikan Facebook, untuk saat ini fitur tersebut belum bisa digunakan semua pengguna Facebook. "Kami akan memperkenalkannya secara bertahap," kata Facebook.

Pada Account Security Section itu pengguna bisa melihat informasi lengkap komputer atau perangkat mana yang sedang login ke akun Facebook mereka, serta nama browser dan sistem operasi yang digunakan, berdasarkan informasi dari Internet Protocol (IP). Lalu hanya dengan sekali klik, pengguna bisa mengakhiri aktivitas login yang dilakukan orang itu.

Nah, bagi pengguna yang akunnya disusupi bisa menggunakan informasi ini untuk mengonfirmasikan bahwa akun mereka dimasuki orang lain dan segera mereset password.

0 comments:

Posting Komentar